Hosting Web Server Khusus dan Colocation

Sebagian besar mungkin menyadari server hosting khusus karena ini adalah salah satu istilah yang sangat terkenal di bisnis hosting web. Saat ini karena biaya yang terjangkau, bahkan usaha kecil dan menengah lebih memilih untuk meng-host situs web mereka ke server khusus. Namun, hingga saat ini, hanya bisnis dan organisasi besar yang mampu membeli server khusus. Volume data yang besar dapat didukung oleh server khusus. Server-server ini lebih jauh dibedakan antara Windows Dedicated Server dan Linux Dedi Server. Bergantung pada persyaratan situs web, seseorang dapat memilih antara kedua platform ini untuk meng-host situs web. Secara umum, jika sebuah situs web dirancang menggunakan salah satu teknologi Microsoft seperti ASP dan .Net dan memerlukan basis data MsSQL, maka Anda tidak memiliki pilihan selain memilih Windows Dedicated Server untuk hosting situs web Anda. Sementara jika situs disiapkan menggunakan PHP dan membutuhkan database MySQL, itu dapat di-host di salah satu platform. Pengguna biasanya lebih suka meng-hosting situs web tersebut di Linux Dedicated Server CBTP.

Dalam kategori Server Dedi, pengguna akan menyewa seluruh server dari host, dan menggunakannya sesuai persyaratan. Anda memiliki akses root lengkap dari server, oleh karena itu seseorang dapat menginstal perangkat lunak atau aplikasi pilihan Anda tanpa batasan dari penyedia hosting web. Ofcourse seseorang harus mematuhi ketentuan penggunaan yang dijelaskan oleh webhost. Memilih hosting server khusus yang dikelola dapat memudahkan Anda dari perawatan, pengunggahan patch keamanan, back-up dan pemulihan, dll. Dengan server khusus yang disewa Anda dapat yakin akan keamanan data dan situs web serta kinerja optimalnya. Pengguna mendapat hak istimewa untuk memodifikasi pengaturan server dari komponen perangkat keras dan OS sesuai persyaratan. Anda juga dapat meminta penyesuaian server khusus. Juga, beberapa penyedia hosting web menawarkan server cadangan gratis dengan paket tersebut.

Colocation sedikit berbeda dari layanan hosting web server khusus. Layanan colocation juga disebut sebagai server Colo. Dalam solusi web hosting colocation, perangkat keras dimiliki oleh pengguna sendiri. Server hosting khusus ini bertempat di fasilitas pusat data penyedia hosting web. Untuk memanfaatkan layanan ini, penting bahwa pelanggan memiliki lisensi perangkat keras dan perangkat lunak. Pelanggan memiliki hak istimewa untuk mengelola server khusus itu sendiri. Keamanan perangkat keras, bandwidth, daya, ruang, dan konektivitas jaringan yang berlebihan disediakan oleh perusahaan hosting web. Jika Anda siap membayar biaya tambahan, tuan rumah akan menawarkan dukungan teknis dan layanan manajemen untuk server Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *